Wednesday 17 May 2017

3 Tempat yang Jadi Setting Novel ‘You Got Me’ Ini Beneran Ada Lho


Selain sekolah SMA di kawasan Kota Tangerang yang jadi setting utama novel soloku kali ini, ada beberapa tempat lainnya yang sengaja kuciptakan dari khayalanku dan ada juga yang memang nyata. Coba tengok yuk!
Times and Books (fiction) x Books and Beyond (real)
Di tempat ini, aku banyak mengolah adegan Rafa yang jadi dirinya sendiri: melakukan hal yang disukainya, hobi yang dulu diminta berhenti. Bayanganku, mereka duduk di sebuah kafe berlantai dua yang didesain dari gabungan konsep bar dan perpustakaan mini. Memilih bangku di pojok ruang, Rafa mengeluarkan peralatan menggambarnya, memulai coret-coret beberapa frame. Di sana ia ditemani Violet yang membeli novel dan membaca di sana, diam. Kamu tahu, kedekatan kita dengan seseorang bisa dilihat dari seberapa nyaman dan tenang kita berdiam dengannya tanpa bicara. Mereka melakukannya hampir tiap pulang sekolah, di kafe Times and Books. Lalu mengambil duduk di dekat jendela besar yang membingkai pandang kesibukan orang-orang di atas trotoar.
Dan, imajinasi akan kafe ini aku adopsi dari Books and Beyond (huehehehehehe, padahal aku sendiri kalau beli buku di sini, langsung bungkus pulang aja dan jarang nongkrong).

times books cafe
 
books and beyond bookstore
Hotel Fisher Castle (fiction) x Istana Nelayan Hotel and Restaurant (real)
Buat yang udah baca, pasti tahu kalau pembuka dan jelang penutup novel ini punya setting di Hotel Fisher Castle. Dimulai dengan undangan reunian yang diterima Violet di Hotel Fisher Castle, ia diajak untuk menelusuri sekali lagi perasaan di masa lalunya yang belum tuntas. Bedanya dengan dulu, kini ia sudah punya jawaban. Tapi mungkinkah semuanya sudah terlambat? Ehm, di Hotel Fisher Castle itulah, Violet mencari-cari sesuatu yang sempat ketinggalan.
Dan, bayangan soal Hotel Fisher Castle ini aku riset dari Istana Nelayan Hotel and Restaurant (Dulunya saat pesta kelulusan, sempat ingin menyewa di sini, tapi enggak jadi, akhirnya di gedung HAPPY. Pesta reuni SMA-ku pun enggan jadi di sana, tapi Bandar Djakarta. Walaupun begitu, aku berupaya menjadikannya nyata di novelku).
ada adegan pool party Hotel Fisher Castle di novel You Got Me

sumber foto: istananelayan.com, tempat ini jadi inspirasi setting novelku
Victoria Park (fiction) x Victoria Park Residences (real)
Ada adegan yang mana geng persahabatan Rafa-Violet dapat proyek buat bikin film pendek untuk tugas Bahasa Indonesia di Bab Naskah Drama. Saat itu mereka sepakat membuat cerita adaptasi Twilight. Dan, babak-bakbak pertarungan para vampir di hutan akhirnya disetujui diganti di taman Victoria. Banyak sekali hal-hal lucu yang terjadi selama syuting film pendek yang tujuannya serius jadinya parodi.
Nah, taman Victoria ini beneran ada, nama aslinya Victoria Park Residences. Semacam taman di kompleks perumahan Victoria (syuting film pendek yang kumasukkan adegannya di novel pun benar terjadi di lokasi yang serupa).

ini foto ilustrasi Victoria Park bagian bunderannya, aku enggak nemu foto tamannya

Victoria Park jadi salah satu setting novel Yout Got Me
Jadi, sudah baca novelnya belum? Kalau sudah, mana setting dan adegan favoritmu di novel Yout Got Me? Atau, belum punya? Coba cek di bawah ya!

http://andipublisher.com/produk-0217006265-you-got-me-my-lucky-love.html

1 comment: