Friday, 31 January 2014

In Love With Best Friend

Justru harusnya, ada ‘cinta’ dalam persahabatan. Dan, ada ‘persahabatan’ dalam cinta.


Ruang kelasku sibuk. Dua hari menjelang perayaan imlek sekolah. Kawanku sibuk mendekorasi kelas dengan lampion buatan tangan, membersihkan kelas, dan tentu saja – menyulap kelas berukuran cukup luas itu dengan semangat warna merah khas imlek. Aku memilih duduk sejenak, menikmati kesibukkan sekitar, bersama salah seorang sahabatku yang tengah mengetik sesuatu di laptop 21 inci-nya.  Lalu, obrolan kecil itu dimulai. Awalnya hanya pertanyaan kecil untuk menganggunya, tapi, aku menemukan sesuatu yang penting setelahnya.
“Kau menganggap kita berlima sahabatmu?” Ia mengangguk kecil, melirikku sejenak dengan tatapan konyol. Aku bertanya padanya, apa arti sahabat menurutnya. Tanpa berpikir panjang, ia menuks cepat, mengatakan sahabat berarti teman dekat. Aku diam, menggeleng keras.
“Kau tahu? Sahabat itu, adalah seseorang yang mampu membuatmu menjadi diri sendiri ketika kamu berada di sampingnya.”
Ia mulai tertarik. Aku pun melanjutkan, “Sahabat itu, adalah orang yang mampu mendengarmu ketika kamu tak berbicara. Ia yang mampu melihat air matamu ketika kamu diam. Ia yang mampu memberi pelukan paling erat ketika kau bersuka. Rasanya definisi sahabat begitu sempurna dan mustahil, padahal sesungguhnya sederhana. Karena ia mengenalmu, semuanya terasa mungkin. Bagaimana?”
“Bukankah itu hampir sama dengan definisi ‘seseorang’ dalam cinta?”
Setelahnya, ia kembali dengan ketikkan di laptopnya. Tanpa mempedulikanku yang mematung di sampingnya. Ia benar. Tanpa kusadari, aku menemukan sesuatu dari celetukkannya. Tak ada yang berbeda ketika kamu bersahabat atau merangkai rasa berlabel cinta. Sebab, seharusnya ada cinta dalam persahabatan, dan ada persahabatan dalam cinta. Cinta ‘bersahabat’ dengan persahabatan. Persahabatan ‘bercinta’ dengan cinta. Tak ada yang perlu ditakutkan. Aku mengulum senyum penuh arti.
Lucky, i’m in love with my best friend. They don’t know how long it takes, waiting for a love like this. – Jason Mraz ft. Colbie Cailat, Lucky

0 Comments:

Post a comment