Friday 12 September 2014

Kelas Inpirasi Tak Terganti

Tadi siang (11/9) aku mendapat kesempatan untuk mengajar kelas inpirasi di SMP Islam Terpadu Almaka yang lokasinya di daerah Kalideres, Jakarta Barat. Aku memberi materi mengenai kepenulisan kreatif yang kurangkum dalam slide show bertajuk ‘Kekuatan Kata: Menjelajahi Dunia dengan Karya’. Ini adalah pengalaman pertamaku menjadi guru, walau hanya dua jam lamanya, tapi dalam pertemuan singkat itu aku belajar banyak. Nyatanya tak mudah untuk tetap bercuap-cuap akan materi yang ingin disampaikan, non-stop dalam waktu dua jam. Hal itu membuatku kagum dengan pekerjaan guru dan dosen, yang tetap sabar membagi ilmunya sekaligus menghadapi kelakuan anak murid yang beragam karakternya.
 
“Selamat datang, Bu Veronica,” ujar Muhammad, salah seorang anak lelaki dengan cengiran lebarnya yang dipenuhi malu kala menyambutku di kelasnya. Sontak seisi kelas tertawa, rasanya tidak cocok jika aku dipanggil ‘Ibu’, seharusnya ‘Kakak’. Lalu, kelas itu pun dimulai dengan untai canda tawa yang tak henti hingga kelas usai. Kelas pagi itu berlangsung penuh semangat, diwarnai tanya-jawab yang lebih mengena pada ‘sharing bareng’. Cukup banyak anak yang mengacungkan tangannya ketika ditanya siapa yang ingin menjadi penulis. Mereka juga setuju jika selembar kertas adalah tempat mereka menumpahkan ekspresi hati yang paling jujur.  Kelas itu diakhiri dengan berfoto ria dan selfie bersama.
Aku selalu berharap jika impian-impian yang menggantung di kelas tadi tidak berhenti sebagai mimpi. Tapi akan terus membumbung tinggi diiringi anak tangga yang berjalan untuk meraihnya. Karena dalam kelas inpirasi pagi tadi, tak hanya profesi seni menulis yang ingin mereka geluti, tapi juga bidang seni lain. Membuat kelas itu menginspirasiku sendiri, bahwa tak pernah salah untuk memiliki banyak mimpi, itu justru menyunkti kita untuk mengembangkan potensi diri. Salam rindu dan kreatif ya, buat anak-anak SMP IT Almaka. Semoga kelak kita bertemu lagi di esok hari yang lebih sukses. Terima kasih untuk keramahan guru-gurunya, dewan sekolah hingga antusiasme anak muridnya. Kalian semua hebat!

1 comment:

  1. Ank sy sangat senang n atusias bercerita ttg pengalamannya barunya bertemu dgn ibu verinica.terima kasih...ibu n terima kadih smpit almaka

    ReplyDelete